Selasa, (9/2) siswa-siswi MTs Pakis memperhatikan materi yang disampaikan Tim Berani Mengabdi.


Banyumas-Perjuangan anak-anak Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pakis untuk melek akan pendidikan patut diacungi jempol. Hal tersebut juga tidak lepas dari peran  penting orang tua.  Para orang tua yang berhasil diyakinkan tentang pentingnya pendidikan, membuahkan hasil yang menjadikan anak-anak mereka pintar sehingga dapat menyongsong masa depan yang lebih baik.

 

Besarnya antusias belajar itulah yang membuat tim Berani Mengabdi tertarik untuk mengadakan kunjungan ke sana. Pagi yang cerah seakan mendukung keberangkatan kami menuju Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Selasa, (9/2) tim Berani Mengabdi menyambangi MTs Pakis dan disambut dengan keceriaan anak-anak, seakan sudah siap untuk menerima pembelajaran dari kami.

 

Semua sudah siap, saatnya materi pertama disampaikan. Haikal Fikri Ardian selaku Design & Creative Global Youth Action memberikan pembelajaran tentang desain kepada anak-anak Pakis. Berjudul “Belajar Design Grafis dan Video Editing”. Sebelum memulai materi, terlebih dahulu anak-anak Pakis diajak untuk berkenalan dan menyebutkan hobinya masing-masing.

 

Lucunya, saat menyebutkan nama dan hobi, mereka tampak malu-malu. Ada berbagai macam hobi yang dimiliki anak-anak Pakis, seperti menggambar, memancing, memasak, membaca, bermain sepak bola, dan masih banyak lagi. Setelah selesai perkenalan, kegiatan dilanjutkan dengan materi pengenalan desain. Meliputi, apa itu design grafis, sejarah, manfaat, aplikasi yang dapat digunakan, website pendukung, dan tak lupa memberikan contoh hasil design grafis. Anak-anak tampak sangat bersemangat. Banyak dari mereka yang mencatat materi yang diberikan oleh Haikal.

 

Selain desain grafis, Haikal juga memperkenalkan dasar-dasar editing video. Seorang siswa bernama Nawang, mengaku menyukai dunia vlog. Ia banyak membuat teman-teman dan tim Berani Mengabdi terpingkal dengan gurauannya. Hanya dengan ucapan “Hai Gaisss…“, semua orang di ruang kelas langsung tertawa. Pengenalan video editing dimulai dengan apa itu video editing dan manfaat video editing.

 

Haikal mengajak anak-anak Pakis untuk mulai belajar edit video karena manfaatnya sangat banyak, terutama bisa menjadi Content Creator (Youtube). Yang saat ini sedang banyak anak muda yang berlomba-lomba menggunakan platform tersebut sebagai ajang mengembangkan kreatifitas.

 

 

Sebagai penutup sesi pertama, tim Berani Mengabdi membagikan hadiah untuk anak-anak yang berani menjawab pertanyaan dari Haikal. Pertanyaan yang diberikan seputar nama Presiden Republik Indonesia. Masing-masing mendapatkan 1 merchandise untuk 3 anak pemberani. Kami berharap, pengenalan desain grafis dan editing video ini dapat membuat anak-anak mengenal dan dapat mempraktikkannya sebagai tambahan keterampilan atau dijadikan hobi.

 

Haikal Fikri Ardian menyerahkan hadiah kepada salah satu siswa yang berani menjawab pertanyaan. (Foto: Berani Mengabdi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?