Kegiatan Berani Mengabdi di Sekolah Alam Lereng Gunung Slamet

Selasa, (9/2) tim Berani Mengabdi dari Global Youth Action menyelenggarakan kunjungan ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Pakis. MTs yang berlokasi di kaki Gunung Slamet, tepatnya Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah ini merupakan sekolah alternatif yang didirikan oleh para pegiat pendidikan dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Argowilis yang peduli terhadap pendidikan anak-anak pinggir hutan.

 

Nama Pakis sendiri dipilih dari nama sayuran khas pegunungan yang tumbuh subur di kawasan sejuk itu. Namun Pakis juga bisa diartikan sebagai Piety atau kesalehan, Achievement berarti prestasi, Knowlegde atau ilmu pengetahuan, Integrity atau integritas, dan Sincerity atau keikhlasan. (news.detik.com)


Siswa MTs Pakis, Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah duduk membentuk letter U mendengarkan materi dari tim Berani Mengabdi, Selasa (9/2/2021)(Dok: Bagus Kusuma)

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB. Anak-anak mulai datang dan duduk dimasing-masing kursi yang telah ditata sedemikian rupa membentuk letter U. Sebelum acara dimulai, anak-anak Pakis yang berjumlah 18 orang sudah tampak antusias untuk menerima pembelajaran dari tim Berani Mengabdi.

 

Terdapat tiga materi yang disampaikan ke anak-anak Pakis. Yang pertama, anak-anak Pakis diperkenalkan tentang “Design Grafis dan Dasar Video Editing” oleh Haikal Fikri, Design & Kreatif Global Youth Action. Kedua, dari Nurlaeli Safti tentang “Bagaimana Cara ke Luar Negeri, dan yang ketiga “How to be Influencer” dari Fryda Reicha.

Siswa MTs Pakis bermain “Pesan Berbisik”. (Dok: Bagus Kusuma)

 

Semua anak-anak Pakis sangat antusias mengikuti ketiga materi tersebut. Untuk mengapresiasi minat anak-anak, tim Berani Mengabdi membagikan hadiah di setiap sesi materinya. Keceriaan anak-anak juga terlihat saat sesi ice breaking. Permainan demi permainan dilontarkan kepada anak-anak. Dari permainan “Tujuh Dor” sampai “Pesan Berbisik”, semua dimainkan dengan penuh suka cita.

Anak-anak MTs Pakis dan Tim Berani Mengabdi berpose sambil memegang poster SDGs. (Dok: Bagus Kusuma)

Setelah semua sesi materi selesai, saatnya untuk photo session. Anak-anak Pakis sangat senang diperkenalkan tentang Sustainable Development Goals (SDGs). Masing-masing anak, memegang satu poster SDGs dan tersenyum gembira melihat kamera.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?