Desa Warloka Pesisir, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat

People centred, participatory, empowering, and sustainable”

Tentang Kami

Berani Mengabdi adalah program dari Global Youth Action yang berfokus pada bidang sosial, kemanusiaan, dan pemberdayaan masyarakat. Berani Mengabdi merupakan sebuah gerakan untuk mengabdi di daerah 3T (tertinggal, terdepan & terluar) dan menggerakan pemuda-pemudi Indonesia untuk berani mengabdi dan berani berkontribusi dalam pembangunan sosial dan membantu dalam terwujudnya Sustainable Development Goals di Indonesia.

Berani Mengabdi hadir dengan membawa filosofi tiga nilai utama yaitu: Bersinergi, Berkontribusi, dan Membangun. Hadirnya “Berani Mengabdi” diharapkan dapat membantu pembangunan di Indonesia dan menjadi mesin penggerak bagi pemuda-pemudi untuk bersinergi dalam membuat perubahan.

Tujuan Berani Mengabdi

  • Memberikan keterampilan dan pengalaman kepada generasi muda untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan.
  • Membina generasi muda agar menjadi seorang inovator, motivator, dan problem solver.
  • Membentuk kader-kader untuk pembangunan sosial dan pemberdayaan masyarakat.
  • Menguatkan kerjasama dengan generasi muda, organisasi, dan stakeholders.
  • Membantu dalam mempercepat perwujudan point-point Sustainable Development Goals, khususnya poin SDGS ke 4 yaitu Quality Education, poin ke 8 yaitu Decent Work and Economic Growth, poin ke 10 yaitu Reduced Inequalities, dan poin ke 13 yaitu Climate Action.

Lokasi Pengabdian

DESA WARLOKA PESISIR, KOMODO, MANGGARAI BARAT, NUSA TENGGARA TIMUR

Desa Warloka pesisir terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk mencapai ke desa diperlukan waktu sekitar 1,5 jam melalui jalur darat jika titik tempuh awal dari Labuan Bajo dan 1 jam jika melalui jalur laut. Tim Berani Mengabdi menuturkan bahwa masalah yang dihadapi oleh warga desa Warloka pesisir sekarang adalah:

  1. Fasilitas Infrastruktur: banyaknya jalan yang rusak sehingga medan sangat sulit untuk dilalui, minimnya akses listrik , akses air bersih, penerangan jalan, dan dermaga yang rusak
  2. Fasilitas pendidikan: Desa Warloka pesisir hanya mempunyai 1 Paud dengan jumlah 22 siswa; 1 SD dengan jumlah 98 siswa, dan 1 SMP dengan jumlah 53 siswa.
  3. Fasilitas Kesehatan: minimnya pelayanan kesehatan masyarkat yaitu Desa Warloka pesisir hanya ada 1 Puskesmas Pembantu.

DOKUMENTASI
BERANI MENGABDI CHAPTER I

OUR ALUMNI

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?