Hubungan antara Mahasiswa dan Pengabdian Masyarakat

 

Gambar : pexels.com

Pengabdian masyarakat adalah suatu gerakan proses pemberdayaan diri untuk kepentingan masyarakat. Pengabdian masyarakat merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademik. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa dikenal dengan KKN atau Kuliah Kerja Nyata. Selama satu bulan masa KKN, mahasiswa harus melaksanakan program kerja yang dibuat untuk membantu pelaksanaan pembangunan desa. 

Mengapa mahasiswa harus melakukan pengabdian?

Mahasiswa sebagai bagian dari civitas akademik mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan Tri Dharma perguruan tinggi yang terdiri dari 3 poin, yaitu :

1. Pendidikan dan Pengajaran,

2. Penelitian dan Pengembangan,

3. dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Selain itu, mahasiswa juga dinilai memiliki potensi, peran istimewa, dan kebebasan “bergerak” untuk dapat melakukan kegiatan pengabdian tanpa adanya kepentingan atau unsur tertentu. Adapun peran istimewa mahasiswa yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1.  Iron Stock : Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapkan memiliki kepribadian yang baik dan akhlak yang mulia untuk bisa memimpin masyarakat di kehidupan mendatang. 

2. Agent Of Change : Mahasiswa sebagai agen perubahan dituntut untuk mampu membuat gerakan-gerakan perubahan atau perbaikan ketika ada sesuatu yang berjalan dengan tidak semestinya.

3. Social Control : Mahasiswa mempunyai peran untuk mengontrol kehidupan sosial.  Apabila ada kebijakan yang melenceng atau merugikan masyarakat, mahasiswa yang dapat menjembatani masyarakat untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah. 

4. Moral Force : Mahasiswa harus mempunyai moral yang baik sesuai dengan perannya sebagai pengontrol nilai-nilai yang ada di masyarakat agar tetap berjalan dengan baik.

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa mahasiswa sangat erat hubungannya dengan pengabdian masyarakat karena memiliki tanggung jawab untuk melakukan hal tersebut sebagaimana yang tercantum dalam Tri Dharma perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang nantinya diharapkan mampu menjadi pemimpin negeri juga memiliki peran istimewa yang dapat membantu memberdayakan masyarakat. 

Tidak hanya mahasiswa saja, civitas akademi lainnya seperti dosen dan anggota kepengurusan perguruan tinggi juga memiliki tanggung jawab untuk melaksanakan pengabdian terkait dengan Tri Dharma perguruan tinggi. Selain civitas akademi, individu dari berbagai lapisan masyarakat lainnya juga dapat melakukan kegiatan pengabdian.

Sumber : medium.com, merdeka.com, pintek.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?