Manfaat Pengabdian Masyarakat untuk Menunjang Karier

Gambar: pexels.com

Seperti yang kita ketahui, dalam mencari kerja atau untuk menunjang karier selain jenjang pendidikan dan skill yang mumpuni, dibutuhkan juga pengalaman tertentu. Pengalaman yang diminta bisa berupa pengalaman kerja, magang, dan organisasi. Hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan perusahaan tempat kamu melamar kerja apakah kamu layak menjadi kandidatnya.

Tidak hanya itu, ternyata dengan adanya pengalaman telah mengikuti volunteering atau pengabdian masyarakat bisa menjadi nilai plus kamu di mata HRD, lho ! Selain itu, kamu bisa mendapat berbagai macam manfaat berupa soft skill jika mengikuti pengabdian masyarakat, terutama untuk menunjang karirmu. Berikut manfaatnya:

 

1. Bertambahnya Skill Berkomunikasi

Gambar: pexels.com

Saat kamu melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, kamu akan banyak berbicara di depan rekan satu tim mu dan di depan masyarakat umum. Hal yang dibicarakan tentu saja merupakan program dan sosialisasi yang ingin kamu jalankan.

Kamu akan berbicara dengan orang-orang dari berbagai latar belakang yang berbeda. Dan kamu juga akan dilatih bagaimana caranya menyampaikan pendapat dengan baik tanpa menyakiti hati orang lain.

 

2. Melatih Kita untuk Bekerja Cepat

Gambar: pexels.com

Ketika kamu sudah bekerja, kamu dituntut untuk bekerja dengan cepat. Kemampuan itu bisa kamu latih saat mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat.

Biasanya kegiatan pengabdian masyarakat waktunya relatif terbatas sehingga membutuhkan kerja cepat agar sesuai dengan targetnya.

 

3. Dapat Melatih Skill Problem Solving

Gambar: pexels.com

Masalah bisa datang kapan dan dimana saja, termasuk saat kamu mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat. Untuk itu kamu dituntut agar bisa memecahkan berbagai permasalahan yang ada.

Begitu pun saat kamu sudah bekerja di sebuah perusahaan. Masalah akan datang silih berganti dan kamu harus bisa menyelesaikannya dengan baik.

 

4. Kemampuan Beradaptasi yang Nggak Kalah Penting

Gambar: pexels.com

Buat kamu yang merupakan pribadi susah beradaptasi, ada baiknya kamu mencoba kegiatan pengabdian masyarakat. Karena dengan kamu mengikuti kegiatan tersebut, kamu akan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Bagaimana tidak, kamu akan dipertemukan dengan teman-teman baru dan akan berhadapan dengan masyarakat yang lingkungannya masih terasa asing bagimu. Sehingga kamu membutuhkan kemampuan beradaptasi agar kamu tidak “kaget”.

 

5. Melatih Kemampuan untuk Mengurus Suatu Projek

 

Gambar: pexels.com

Percayalah, ketika kamu bekerja kamu akan diminta untuk mengurus suatu projek. Agar tidak bingung nantinya, kamu bisa melatih kemampuan ini dengan mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat. Dalam kegiatan itu kamu akan diminta untuk mengurus suatu projek yang ingin dijalankan. Dari mencari sponsor, membuat struktur acara, mencari siapa yang akan mengisi acaranya, dan sebagainya.

 

Yap, kelima hal di atas merupakan manfaat yang bisa kamu dapatkan dari pengalamanmu mengikuti pengabdian masyarakat. Pastinya penting untuk menambah soft skill kamu terutama saat kamu sudah bekerja. Serta bisa memperbagus CV dan portofolio mu lho !

Jika ingin menambah soft skill yang telah disebutkan diatas, kamu bisa banget daftarkan diri dalam program Berani Mengabdi: Goes to Labuan Bajo yang akan dilaksanakan pada 29 september – 4 oktober 2021. Karena selain berkontribusi langsung dengan masyarakat disana, kamu juga bisa menikmati indahnya Labuan Bajo yang sudah go internasional.

 

So, sampai jumpa di Labuan Bajo !

 

sumber: rencanamu.id

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?