Mengenal Keanekaragaman Rumah Adat NTT

Indonesia menyimpan keragaman suku dan budaya di dalamnya yang memiliki ciri khas masing-masing antara satu dengan yang lainnya. Salah satu ciri khas yang menonjol adalah rumah adat dari berbagai suku bangsa. Hampir semua suku yang ada di Indonesia mempunyai rumah adat dengan bentuk dan filosofi yang berbeda. Sama seperti jenis-jenis rumah adat yang ada di Nusa Tenggara Timur.

1. Rumah adat Musalaki

Gambar : ruangarsitek.id

Rumah adat ini adalah jenis rumah adat NTT yang paling banyak ditemui. Rumah adat Musalaki juga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai lambang dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kata musalaki berasal dari bahasa suku Ende Lio yaitu Mosa yang artinya ketua atau kepala dan Laki yang artinya adat atau suku. Arti kata Musalaki berkaitan dengan fungsi dari rumah adat itu sendiri, yaitu rumah tempat tinggal bagi para ketua suku atau ketua adat suku Ende Lio. 

Rumah Musalaki berbentuk persegi empat dengan atap yang menjulang tinggi sebagai simbol kesatuan dengan sang pencipta. Bentuk atap tersebut diibaratkan seperti layar perahu, hal tersebut berkaitan dengan cerita masyarakat setempat mengenai nenek moyang suku Ende Lio yang sering menggunakan perahu. 

 

2. Rumah adat Mbaru Niang

Gambar : merahputih.com

Rumah adat Mbaru Niang adalah rumah adat yang berasal dari desa Wae Rebo, NTT. Rumah adat ini pernah mendapatkan penghargaan Award of Excellence dari UNESCO. 

Berbeda dengan rumah adat Musalaki, rumah adat Mbaru Niang ini tidak dikhususkan untuk kepala suku saja, melainkan rumah adat ini adalah tempat tinggal biasa bagi masyarakat desa Wae Rebo. 

Rumah adat Mbaru Niang memiliki atap yang berbentuk kerucut yang diawali dari bagian puncak atap sampai hampir menyentuh permukaan tanah sehingga terlihat seperti tenda.

Ukuran rumah adat ini cukup besar karena terdiri dari 5 tingkat dengan fungsi yang berbeda pada masing-masing tingkatannya, yaitu :

Tingkatan pertama (Lutur) : Tingkatan ini adalah bagian utama dari rumah adat Mbaru Niang yang digunakan sebagai tempat tinggal dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Tingkatan kedua (Lobo) : Tingkatan kedua ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan.

Tingkatan ketiga (Lentar) : Lentar berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan benih tanaman.

Tingkatan keempat (Lempa Rae) :Lempa Rae merupakan tempat untuk menyimpan bahan dan cadangan makanan.

Tingkatan kelima (Hekang Kode) : Tingkatan ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan sesajian.

 

3. Rumah Adat Sao Ata Mosa Lakitana

Gambar : milenialjoss.com

Rumah adat Sao Ata Mosa Lakitana merupakan rumah adat asli Timor atau Nusa Tenggara Timur yang memiliki bentuk seperti bulat telur dan tanpa tiang. 

Di bagian dalam rumah ini terdapat tempat suci untuk arwah leluhur yang pada saat-saat tertentu selalu diberikan sesaji.

Rumah adat ini dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan bentuk atau model atapnya, yaitu :

1. Atap berbentuk joglo menunjukkan bahwa pemilik dari rumah tersebut merupakan masyarakat Nusa Tenggara Timur yang berasal dari suku Sumba.

2. Atap berbentuk kerucut bulat menunjukkan bahwa pemilik dari rumah tersebut berasal dari suku Timor.

3. Atap berbentuk perahu terbalik menunjukkan bahwa pemilik dari rumah tersebut berasal dari suku Rote.

 

4. Rumah adat Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara

Gambar : milenialjoss.com

Rumah adat Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara mempunyai bentuk yang unik dan berbeda dari rumah adat NTT yang lainnya. Keunikan rumah ini terletak pada bagian atapnya yang berbentuk kerucut dan terbuat dari ilalang. 

Rumah adat ini memiliki 3 tingkatan dengan fungsi yang berbeda, yaitu : 

Tingkat 1 : Berfungsi untuk menyimpan tulang belulang para leluhur

Tingkat 2 : Berfungsi sebagai tempat tinggal

Tingkat 3 : Berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan lumbung padi

Rumah adat Sao Ria Tenda Bewa Moni Koanara yang khusus dijadikan sebagai tempat tinggal ditandai dengan adanya kepala kerbau yang berada di depan rumah. 

 

Sumber : polarumah.com, milenialjoss.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Open chat
Ada Pertanyaan?
Haloo 👋
Ada yang bisa kami bantu?